28.9.18

Printilan dan Aksesori Pernikahan yang Bisa Kamu Bikin Sendiri



Mengadakan resepsi pernikahan memang bukanlah sebuah keharusan. Namun, banyak pasangan di dunia ini yang tidak mau acara pernikahannya menimbulkan kesan yang biasa saja. Oleh karena itu, sebelum melaksanakan akad dan mengadakan resepsi, kedua calon mempelai biasanya akan membuat daftar keperluan pernikahan, mulai dari gedung, makanan//katering, gaun pengantin, hingga ke printilan dan aksesori pernikahan.

Nah, selain tas rajut atau pun pernak-pernik rajut lain, Miracle Crochet juga pernah diminta mengerjakan beberapa printilan dan aksesori pernikahan yang kelihatannya sepele, tetapi jika dikerjakan sungguhan, hasilnya sungguh manis. Pesta resepsi pernikahan yang low budget sekalipun akan terlihat menakjuban jika detail-detail kecilnya diperhatikan.

Beberapa hal yang masuk dalam checklist persiapan pernikahan yang sempat kami kerjakan antara lain sebagai berikut.

1. Buku Tamu dan Pulpennya


Kalau mau praktis, calon mempelai memang bisa langsung saja membeli buku tamu resepsi pernikahan di toko alat tulis. Sudah pasti cepat dan harganya relatif terjangkau. Namun, tentu tidak menjamin akan didapatkan buku tamu yang sesuai dengan konsep yang diinginkan calon mempelai. Seperti yang Miracle Crochet pernah kerjakan ini. Kami mendesain halaman depan belakang, bahkan bagian dalam bukunya agar terlihat sesuai dengan konsep pernikahannya.


Sungguh rustic kan?


Tidak hanya buku tamu, kami pun memikirkan hiasan pulpen yang digunakan para tamu untuk menandatangani buku tamu. Karena konsep pernikahannya rustic, maka kami memutuskan untuk menggunakan tali rami untuk menutupi penampilan luar pulpen. Sesungguhnya yang kami pakai bukan pulpen, tapi isi ulang pulpen yang bisa kamu beli di toko alat tulis. Tujuannya, agar diameter pulpennya tidak terlalu besar. Tak lupa, kami sematkan bulu-buli bermotif pada bagian atas pulpen agar diperoleh sentuhan klasik pada meja tamu resepsi pernikahan.

2. Buket Bunga Custom


Sudah bukan rahasia lagi, pengantin wanita zaman now menginginkan sesuatu yang berbeda dari resepsi pernikahannya. Selain bridesmaid segambreng, mayoritas juga menginginkan membuat buket bunga custom yang sesuai dengan konsep pernikahannya. Yang paling pertama Miracle Crochet kerjakan adalah buket bunga dengan konsep vintage-rustic.





A little throwback ⏩ Awalnya cukup gak percaya diri waktu nerima custom order untuk #weddingbouquet. Selama ini lebih sering ngerjain proyek rajut yang lebih dekat dengan daily outfit atau untuk kepentingan hobi semata. Tapi ternyata menyenangkan juga ngerjainnya. Menikmati sekali proses ngonsep, ngedesain, hunting bahan, ngumpulin, dan mulai pengerjaan ngerakit satu demi satu. Hasilnya pun alhamdulillah gak jelek-jelek amat lah ya πŸ™Š Walau baru nyemplung di dunia #craft di awal-awal tahun 2014, gak kalah lah sama vendor-vendor di The Bride Dept hehehe. Biaya pengerjaannya sih relatif. Artinya, tergantung konsep yang diinginkan. Tapi masih relatif terjangkau kalau dibandingkan dengan harga yang ditawarkan profesional. Belum berani pasang harga tinggi sebelum jam terbang banyak ciiin, hehe. Nah, kalau dirasa harga yang sa tawarkan ini rada mihil, ya silakan manjat pohon jambu dan ngamplas ranting-rantingnya sendiri buat tangkai buketnya. πŸ˜‚ πŸ˜‚πŸ˜‚ . . Anyway, yang mau kewong, eh, nikahan maksudnya, feel free to contact me yaw (tau banget sebentar lagi musim kawin, syalalala). Siapa tahu sa bisa bantuin ngerjain printilan-printilan beginian. Or please kindly check my project on @miraclecrochet, sekadar buat ngecek aja seberbakat apa tangan-tangan ini dalam urusan benang, gunting, lem, dll (yang sebenarnya sudah dimulai sejak masih syekolah kakak~). Kamsahamnidaaaa! 😊 #vintage #rustic #bouquet #boutonniere #handmade #buketbunga #buketbungamurah #suvenir #souvenirnikah #craftpreneur #crafterstory #makersgonnamake
A post shared by Fatimah Azzahrah (@asya_azalea) on



Bikin buket bunga semacam ini juga simpel. Kamu tinggal beli burlap, biasanya dijual di toko jahit terdekat. Sekilas burlap ini terlihat seperti karung goni dalam bentuk lembaran, tapi cenderung lebih tipis dan halus. Konon dulunya burlap ini dibuat dari bulu kambing yang cokelat. Tapi sekarang nggak sih, burlap dibuat dari batang-batang rosela yang diolah dan dipintal menjadi serat-serat.

Dari burlap ini, kamu hanya perlu memotongnya memanjang dan dilipat-lipat menyerupai bunga mawar, lalu pada ujungnya rekatkan dengan lem tembak. Nggak nyangka kan bisa jadi kuntum bunga kayak gini?

bunga mawar dari burlap

Kuntum bunga ini dirangkai dengan batang pohon jambu yang sudah dibersihkan. Tak lupa kami padukan dengan bunga-bunga artifisial dan lace atau renda supaya tetap manis. Terakhir, diikat dengan tali rami yang agak besar.


Ada yang mau beli buket bunga custom? Bisa pesan di kami ya! Hihihi

Oya, selain buket bunga rustic, owner Miracle Crochet juga pernah bikin buket bunga rajut pada acara pernikahannya. Jarang-jarang kan ada yang kepikiran pakai buket bunga rajut dalam pesta pernikahan?



3. Boutonniere


Tak mau kalah, pengantin pria pun harus memakai aksesori pernikahan yang kekinian. Salah satunya boutonniere. Boutonniere adalah semacam buket bunga mini yang disematkan pada jas atau tuksedo pengantin pria. Biasanya menggunakan bunga, warna, atau konsep yang senada dengan buket bunga pengantin wanitanya. Yang pernah kami bikin semacam ini.








And we signed up forever. Alhamdulillah. Thank you everyone who gave their precious Sunday to attend our special day. Your presence meant the world to us. Vendor details: Make up & akad attire by @dian.pravita Reception Gown by @salirarumahjahit Reception Suit by #BaharMasterTailor Photography by @bbb.creative Videography by @bbb.creative Decor by @mantudecor @riezalubaidillah Bouquet & boutonnière by @asya_azalea Seserahan & ringholder by @evacreative Venue #ReginaHotelPemalang @r_ginahotel MC @hsanroy Invitation by @ohsyweddinginvitation Pic taken by @titis_lutfitasari #wedding #weddingday #weddingreception #Groom #Bride #bridesmaid #bouquet #theknot #rusticwedding #rusticweddingchic #brides #weddingideas #handbouquet #weddinginspo #weddingdetails #weddingday #weddingdecor #vsco #rororendo
A post shared by Roro (@roroismimp) on

4. Headband Rajut


Proyek yang satu ini sebenarnya bukan pesanan untuk melengkapi resepsi pernikahan sih, tapi bisa jadi ide buat yang sedang cari aksesori pernikahan. Bentuknya hiasan kepala, tapi bukan dari tanaman asli, melainkan dirajut! Udah pasti dijamin unik. Boleh juga nih yang beginian dipakaian ke bridesmaid.


Selain keempat printilan di atas, masih banyak sebenarnya ide-ide untuk printilan resepsi pernikahan. Suvernir, misalnya. Kamu bisa bikin gelang rajut atau gantungan kunci rajut, alih-alih membeli suvenir pernikahan di pasar. Sudah pasti unik. Kalau nggak ngerti caranya bikin, coba deh hubungi kami. Insya Allah bakalan dibantu. Tapi kalau order, jangan mepet-mepet ya! Hehehe

Gimana? Sudah dapat pencerahan dan ide untuk menyiapkan printilan dan aksesori pernikahan kan? Di luar itu semua, persiapan terpenting menjelang hari istimewa dalam hidupmu adalah justru persiapan jasmani dan rohani. Jangan sampai sakit dan stres ya, calon pengantin~



Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar